Akhirnya HokBen Buka di Banda Aceh!


Finally, setelah sekian lama penantian itu pun terbayar lunas. Lega dan bercampur gembira rasanya, kala ku dapati informasi bahwa HokBen resmi menancapkan pakunya di ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh.


Saat masih bertugas di Jakarta, 2020-2022, HokBen menjadi langganan tiap weekendnya. Lantai Basement FX Sudirman Mall menjadi langganan kala perut udah keroncong dan tenggorokan sudah semakin dahaga. Mengisinya dengan segelas minuman dingin, beberapa potong protein hewani, dan sayuran sebagai pelengkap tentu sebuah keharusan. HokBen FX Sudirman yang terletak tepat di samping Gedung D Kemendikbud Ristek menjadi pilihan utamanya.



Meeting di HokBen FX Sudirman, Jakarta
Doc Pribadi






Kenapa HokBen Jakarta?


Awalnya aku juga bertanya, why fast food ini sih?


Kenapa bukan yang lain?


















Sejarah Awal


Lahir pertama kali pada 18 April 1985 di bawah manajemen PT. Eka Bogainti, sajian makanan cepat saji bernuasa Japanese ini awalnya bernama Hoka-Hoka Bento. Meski bernama agak bernuasan ‘anime’, ternyata Hoka-Hoka Bento adalah restoran cepat saji asli Indonesia. Awalnya hanya gerai kecil yang terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta. Kini tumbuh dan berkembang hingga mencapai 370-an yang tersebar di 85 kota di seluruh Indonesia: Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan Sumatra. Adapun yang di Banda Aceh ini adalah gerai ke 380 di Indonesia dan ke dua di Aceh. Karena sebelumnya HokBen telah terlebih dahulu menyapa warga di Lhokseumawe.


Sebagai pelancong tanah air, yang kakinya gak pernah netap di suatu kota. Maka kehadiran HokBen di Banda Aceh tentu dengan mudah mengobati kekangenan ku akan sajian bernuansa Japan ini. Apalagi kalau di Jakarta, aku hampir setiap akhir pekan ke sana, ya kalau jadwal joggingnya dua hari sekali, maka jadwal ke HokBen juga sama. 😂 antara yang keluar dan masuk, InshaAllah seimbang, ya. 🤣 Terlebih lokasi HokBen Banda Aceh yang terletak di Jl. Panglima Polem, Peunayong, Banda Aceh ini hanya 10 menit dari rumah ibuku.



Produk HokBen


Hoka-Hoka Bento sendiri berasal dari Bahasa Jepang yang berarti 'makanan hangat dalam kotak', yang paket sajiannya terdiri dari Main Menu: Chicken Curry Yaki, Blackpepper Miso Chicken, Takoyaki Mentai, Takoyaki Original, Hot Spicy Chicken Teriyaki, Hot Spicy Beef Teriyaki, Chicken Teriyaki, Beef Teriyaki, Chicken Yakiniku, dan Beef Yakiniku. 


Paket A

Selain itu juga ada Fried Menu, Soup and Sukiyaki, Desserts, Snack, Beverage, and Side Dish yang semua menu itu bisa di lihat di website www.hokben.co.id atau ke gerainya langsung.

Beef Teriyaki, menu andalan ku




 

Jaminan Halal


Pada opening launching kemarin di Banda Aceh, perwakilan BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) menyebutkan HokBen ini telah memenuhi standar halal Indonesia. 


Tidak hanya dari segi zat semata, namun juga halal secara proses pengolahan dan halal secara proses memperoleh bahan bakunya. HokBen menjadi salah satu pelopor sertifikasi halal dengan mendapatkan sertifikasi halal dari BPJPH. Kalau masih ragu, cek aja di aplikasi Pusaka milik Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. 👀




UMKM dan HokBen


Pemberdayaan UMKM merupakan langkah strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian besar rakyat Indonesia, khususnya melalui penyedian lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan serta mengurangi tingkat kemiskinan. HokBen paham betul akan hal ini. Bahan baku utama yang digunakan oleh ini didapatkan dari UMKM yang bekerja sama dengan mereka. Sebut saja, seperti ayam dan kulit teriyaki.


Tak hanya asal pakai, bahkan pendistribusian bahan baku ke gerai seluruh Indonesia pun, HokBen sangat memperhatikan proses halalnya. Sebut saja, bahan baku utama, ayam, tidak bercampur dengan bahan yang mudah bercampur zatnya. Bahan yang dipakai semuanya listed di application system management, yang tentu check and check halal terjamin dengan baik.







Komitmen HokBen terhadap Pengolahan Sampah (Waste Management)


Salah satu penyakit yang banyak dihasilkan oleh sajian restorant cepat saji adalah pengolahan sampahnya. Bungkusan plastik, sisa makanan, dan bahkan sampah rumah tangga lainnya menjadi momok yang 'menjanjikan' dari retail rumah makan cepat saji ini.

Roster di HokBen Banda Aceh


Melalui program "HokBen X Rebricks: Collaboration To The Green", Hokben bekerja sama dengan Rebricks menghadirkan roster yang terbuat dari produk daur ulang sampah plastik mika. 



Roster merupakan komponen dinding yang berfungsi sebagai lubang angin yang membantu sirkulasi udara, mempercantik dinding rumah untuk menambahkan ornamen-ornamen di dinding rumah dan memperbaiki tata cahaya ruangan untuk menghemat penggunaan lampu sehingga membantu menghemat penggunaan listrik.

Pada umumnya roster terbuat dari tanah liat, batako, dan beton. HokBen dan Rebricks membuat roster dengan salah satu komposisinya adalah sampah kemasan makanan HokBen yang terbuat dari mika. Satu roster yang dibuat mengandung 10 buah sampah plastik mika bekas HokBen.

Dengan mengolah sampah plastik menjadi barang yang dapat digunakan, berarti sudah mengurangi penimbunan sampah.




Roster yang dihasilkan oleh Rebricks tersebut memiliki motif khusus sesuai dengan community pattern HokBen yaitu nilai nilai yang menjiwai setiap pelayanan di HokBen. Roster ini juga telah digunakan di sebelas gerai HokBen sebagai bagian dari disain ruangan HokBen.


Total keseluruhan roster yang dipakai tersebut terdiri dari 16.380 buah plastik mika bekas yang sudah terolah atau 128 kilogram sampah plastik mika. Untuk melanjutkan gerakan daur ulang ini, Sugiri pun mengajak seluruh pelanggan HokBen untuk turut mengembalikan sampah plastik mika bekas HokBen yang sudah dibersihkan ke seluruh gerai HokBen di Indonesia.


Jadi, gak perlu khawatir kalau ke HokBen. Tak hanya makanan dan minumannya saja yang berhasil mengoyangkan lidah, namun juga komitmen society empowerment dan waste managementnya patut diancungi jempol. Tunggu apalagi, yang di Banda Aceh silakan ke sekitaran Peunayong, segera ke cabang HokBen terdekat di kota anda. 😍







CONVERSATION

0 Comments:

Posting Komentar

Thank you for read and comment on my blog.